Cara Mengatasi Botloop “E:failed to mount /efs (Invalid argument)” di android Samsung galaxy ace 3, Samsung galaxy s3, galaxy fame (gt-s6810) dan semua seri samsung galaxy lainnya
Hay bro, Ntah udah beberapa hari gak up thread ya, terutama mengenai tutorial android di blog ini.
Oke pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengatasi Botloop “E:failed to mount /efs (Invalid argument)” di android Samsung Galaxy.

Masalah E:failed to mount /efs (Invalid argument) ini muncul pada samsung galaxy ace 3 milik salah satu temen saya, dan saya diminta untuk mencoba membantu mengatasinya.Karena ia tau mengenai blog saya ini yang sering membagikan tips dan trik seputar android.

Sebetulnya saya juga belum pernah mengalami masalah android samsung yang botloop dengan muncul pesan E:failed to mount /efs (Invalid argument), tapi ya tak apalah saya coba kerana memang beberapakali saya mengatasi masalah botloop pada samsung galxy yang saya alamin akibat keseringan root dan pasang custom rom.

Namun masalah botloop kali ini sedikit berbeda dimana hape android temen saya tidak dalam kondisi belum root dan pasang custom rom. Namun emang sebetulnya hp android mati cuma menyala di logo samsung dan tidak mau masuk menu (botloop) tidak hanya dapat terjadi pada android yang di root/pasang custom rom saja, tapi padaandroid yang masih bawaan pabrik juga bisa.

Tanpa berfikir panjang, saya langsung coba lakukan factory reset pada android yang botloop tersebut. Karena memang cara tersebut merupakan cara ampuh untuk mengatasi masalah bootlop pada android samsung. Untuk melakukan factory reset pada android yang botloop hanyalah dengan melalui recovery mode.

Berikut cara melakukan Reset android samsung melalui Recovery mode:

  • Matikan android samsung.posisikan dalam kondiisi off/ lebih baik dengan mencabut batrai lalu pasang kembali
  • Setelah itu, boot android ke mode recovery.
  • Cara masuk ke mode recovery adalah dengan menekan tombol power, home dan volume up (+) secara bersamaan hingga layar menyala. jika sudah menyala lepaskan tombl yang ditekan tadi.
  • Pada menu ini kalian dapat melakukan WIpe date dan cache dalvik,
Namun setelah masuk pada mode recovery saya menemukan kejanggalan kejanggalan tersebut adalah muncul pesan E:failed to mount /efs (Invalid argument) pada mode recovery ini, Padahal ini recovery stock. Jika menggunakan custom recovery ya mengkin biasa aja. Karena memang sudah resikonya.

Namun pada recovery stock muncul pesan EFS yang mengalami failed. Dari sini saya curiga jika android ini botloop akibat masalah E:failed to mount /efs (Invalid argument) atau dengan kata lain efs file mengalami corrupt.

Saya sampai bertanya sama temen saya, ini hp standar kok Partisi efsnya kok error? Dia jawab. Padahal gk aku apa-apakan kok, ya hanya pakai biasa aja. 😒.

Tapi saya gk mau meyimpulkan hanya dengan di Factory reset saja dapat pulih. Mengatasi masalah  efs corrupt ini sebetulnya ada beberapa cara. Jika hanya efs corrupt ini, seharusnya gk mungkin membuat android botloop.

Jika efs corrupt hanya terjadi pada masalah jaringan yang menyebapkan android tidak dapat digunakan untuk meneripa sinyal seluler, internet bahkan bermasalah hingga wifi dan Bluetooth yang tidak mau digunakan, Baseband Unkonw, IMEI Null. Tapi ini botloop? 

Untuk mengatasi efs android yang corrupt,ada beberapa cara sebetulnya dan sudah saya post.namun saya juga tidak mau berkesimpulan jika dengan cara tersebut dapat hidup (karena ini masalahnya botloop dan muncul pesan E:failed to mount /efs (Invalid argument). Namun tidak ada salahnya untuk kalian coba mencoba cara yang sudah saya jelaskan pada thread sebelumnya mengenai.
Karena masalahnya ini botloop, saya coba mencari di forum xda devloper. Dan akhirnya ada satu thread yang sesuai dengan topik ini. Tanpa berpikir panjang saya mencobanya untuk mengatasi masalah Botloop yang muncul pesan“E:failed to mount /efs (Invalid argument)” di hp android Samsung galaxy ace 3:
  • HP Android yang botloop akibat failed to mount /efs (Invalid argument)
  • Custom recovery yang support adb shell (Twrp/cmw)
  • Adb Tool atau ke sini
  • PC/komputer/laptop
  • SuperSU/ Magiskroot (buat root androidnya)
  • Official firmware buat jaga.jaga. Karena ini pakai ace 3 jadi ini file frimewarenya  GT S7270 (S7270XXUANA2). Untuk seri samsung lain bisa kalian cari sendiri disitus www.sammobile.com.
  • Doa dan usaha, ketampanan juga faktor pendukung yak 😃.
Langkahnya mengatasi  Botloop “E:failed to mount /efs (Invalid argument)” di android Samsung ace 3:
  1. Flash hh ke official firmware jika android kalian sudah official lewati langkah ini. (Cara ini sebetulnya hanya untuk antisispasi, tapi jika kalian sudah pasang custom rom saran saya gkperlu, jadi langsung aja ke cara 2)
  2. Selajutnya adalah dengan Flash custom recovery bisa CMW/TWRP/Phillz yang penting support adb shell. Jika sudah pasang custom recovery, maka lewati langkah ini,langsung otw ke part/guide ke 5.
  3. Boot ke mode recovery lalu lakukan root hp android melalui recovery, dan reboot.
  4. Setelah itu reboot ke recovery lagi. Jika android twrp kalain sudah terdapat terminal cmd ketik langsung saja di terminal tersebut jadi gk perlu pakai laptop langsung otw guide ke 10.
  5. Pada recovery pilih mount and storage → mount system
  6. Colokin hp android ke PC/Laptop/komputer menggunakan kabel usb kabel
  7. Buka adb command window
  8. Masukan perintah berikut pada terminal adb
  9. adb devices jika muncul device/recovery itu artinya android sudah pada mode recovery. setelah itu ketik perintah ini, satu persatu pada terminal adb:
  10. adb shell
  11. Su
  12. cd /dev/block/platform
  13. ls (jika kalian memakai sdcard, maka umumnya akan muncul dua perintah. Jadi biar aman dan tidak bingung sdcardnya dicopot saja)
  14. cd sdhci.1 (ini untuk galaxy ace 3, jik beda type beda juga seperti di galaxy s3 menjadi cd dw_mmc
  15. ls (entar liat ada yang namanya by-name)
  16. cd by-name
  17. ll[LL] (kalo gak bisa, coba ls –l, nah setelah itu lihat partisi yang bertuliskan efs. Contoh:
    EFS -> /dev/block/mmcblk0p15. Yang diperhatikan adalah mmcblk0p15, JIka beda device maka beda juga kode tersebut. Misalnya pada s3 mmcblk0p3, galaxy fame (gt-s6810) mmcblk0p3.
    lalu masukan perintah mke2fs /dev/block/sesuaikodehpmu.Lihat berikut ini:
  18. mke2fs /dev/block/mmcblk0p15
  19. mount -w -t ext4 /dev/block/mmcblk0p15
  20. reboot
Sekian semoga bermanfaat. Jangan lupauntuk follow blog ini ya

0 Comments

Silahkan berkomentar, dan jangan tinggalkan link aktif

Previous Post Next Post